Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Risoles Isi Ragut

 menyerupai biasa jadwal saya yakni mengunjungi Ibu ke Mampang Resep Risoles Isi Ragut

Hari Sabtu, menyerupai biasa jadwal saya yakni mengunjungi Ibu ke Mampang, rumah adik saya, Wiwin. Kami berencana hari itu berkumpul bersama untuk memperabukan sate jatah pembagian daging kurban yang lalu. Adik saya, Tedi, tiba dari Cilebut bersama istrinya, Diar dan kedua putrinya yang imut. Hari itu saya memasak sate kambing, sate ayam dan tongseng daging, hidangan yang selalu dibentuk kala Idulkurban tiba. Menjelang sore, ketika perut telah kenyang dengan tongseng dan sate, saya duduk di kamar Ibu menonton pertandingan badminton Asian Games. Sejak kala emas badminton telah berlalu dari bumi Indonesia, saya kurang mengikuti perjalanan olah raga ini, jadi walau pertandingan badminton dimainkan di televisi dan ditonton dengan serius oleh Ibu dan adik saya, Dimas, saya lebih memilih browsing internet di hape. 

"Semoga Anthony Ginting hari ini nggak cedera kram lagi," komentar Ibu saya, dia berbaring di matras tebal dilantai bersahabat televisi biar dapat melihat lebih jelas. Walau tidak terlalu tertarik, saya ikutan nimbrung, "Memang si Ginting jago Mba?" tanya saya tanpa mengalihkan tatapan dari layar handphone. "Hebat kalau mainnya dua set saja, kalau sudah tiga set biasanya kalah." Saya menatap layar beling ketika mendengar balasan itu.

 menyerupai biasa jadwal saya yakni mengunjungi Ibu ke Mampang Resep Risoles Isi Ragut
 menyerupai biasa jadwal saya yakni mengunjungi Ibu ke Mampang Resep Risoles Isi Ragut

Nama pemain badminton yang masih masuk radar saya ketika ini hanya pasangan ganda adonan Tontowi Ahmad dan Liliyana, yang memang menduduki rangking tinggi dunia. "Bukannya yang jago hanya ganda campurannya saja ya?" Tanya saya kurang percaya. "Lho jangan salah, ganda putra kita jago lho, the Minions," jawab adik saya antusias. "Kemarin lawan China saja cepat banget mainnya," kali ini saya mulai berminat. Belum pernah mendengar ganda putra Indonesia masuk peringkat dunia semenjak jaman Ricky/Rexy yang luar biasa. "Nanti habis tunggal putra, ganda putranya main." Kali ini saya benar-benar menaruh perhatian ke tayangan badminton di televisi. Cabang olah raga favorit rakyat Indonesia sehabis sepak bola ini dulu selalu menarik perhatian saya, ketika masih banyak nama-nama besar berkibar. Sepertinya sekarang perlu mendapat perhatian ekstra lagi. Browsing sejenak mengenai pasangan ganda putra kita, Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya, saya benar-benar tak sabar menunggu sesi pertandingan mereka tiba. Berita di internet perihal kedua sosok ini sangat mengagumkan dan benar-benar diluar dugaan. Sedikit rasa sesal mengapa tidak pernah melihat pertandingan mereka sekalipun selama ini.

 menyerupai biasa jadwal saya yakni mengunjungi Ibu ke Mampang Resep Risoles Isi Ragut
 menyerupai biasa jadwal saya yakni mengunjungi Ibu ke Mampang Resep Risoles Isi Ragut

Sudah dapat diduga, pertandingan ganda putra antara Indonesia dan Jepang berlangsung sangat mendebarkan dan seru. Permainan berlangsung selama 3 set, dan sepanjang itu saya berteriak-teriak histeris menawarkan pertolongan kepada pasangan ganda putra Indonesia yang dijuluki the Minions ini sebab ukuran badan yang lebih pendek dibandingkan pemain lawan dan tingkah kocak serta attractive mereka dilapangan. "Ndang, jangan stres-stres nontonnya, ntar stroke lho," kata Ibu saya bercanda, tapi dari lantai atas saya mendengar keponakan saya, Rafif, yang memang hobi berat dengan olah raga dan mengikuti pertandingan Asian Games dengan tekun, berteriak-teriak kencang menawarkan dukungan. Yeah, bagaimana tidak histeris, pertandingannya memang luar biasa seru dan menakjubkan.

Sejak menonton pertandingan buku tangkis melawan Jepang yang dimenangkan pasangan ganda putra kita tersebut, saya jatuh cinta setengah mati kepada the Minions. Sepulang dari Mampang, saya pribadi nangkring didepan laptop dan duduk disana menonton semua pertandingan Marcus/Kevin pada kejuaraan yang telah lalu  di internet sampai jam dua malam. Gaya kocak dan asyik mereka, belum lagi skill tingkat tuhan dalam bertahan dan menyerang menciptakan pertandingan sama sekali tidak membosankan dan tampaknya pasangan ini menciptakan pertandingan badminton menjadi sangat mengasyikkan. Saya tak peduli dengan banyak komentar negatif yang bertebaran di YouTube mengenai gaya Kevin yang dianggap arogan, bagi saya itu yakni style unik pemain ini dan yang terpenting dia memang hebat.

 menyerupai biasa jadwal saya yakni mengunjungi Ibu ke Mampang Resep Risoles Isi Ragut
 menyerupai biasa jadwal saya yakni mengunjungi Ibu ke Mampang Resep Risoles Isi Ragut

Hari Senin kemarin kejuaraan badminton Asian Games masuk ke babak semi final. Kali ini kedua pasangan ganda putra Indonesia berlaga menghadapi dua negara lainnya. Kami di kantor, larut dalam euforia pertandingan badminton dan Asian Gales. Tak peduli jam makan siang sudah lewat, rekan yang menonton di televisi dan komputer masing-masing sesekali berteriak kencang dari mejanya menawarkan dukungan, menciptakan yang lain ngakak tertawa.  Asian Games menawarkan angin segar di tengah gosip politik yang terasa semakin menyebalkan setiap harinya.

Menuju ke resep risoles isi ragut kali ini. Makanan ini tolong-menolong sangat gampang dibuat, hanya prosesnya yang banyak step menjadikannya ribet. Kulit risoles yakni penggalan yang sering dianggap paling sulit sebab membutuhkan tingkat kekentalan yang pas biar dapat dituangkan ke pan dan membentuk selapis kulit yang tipis. Bahan dasar kulit umumnya susu cair, telur dan tepung terigu, tetapi memakai air biasa pun alhasil tetap ok. Kunci suksesnya hanyalah, jangan ragu menambahkan porsi air ke adonan jikalau terlalu kental dan susah mengalir menutupi pan ketika adonan dituangkan. Atau tambahkan tepung terigu ketika adonan terlalu encer sehingga kulit menjadi super tipis dan gampang robek. Untuk isiannya, dapat memakai ragut menyerupai yang saya buat atau tumisan sayuran menyerupai biasanya.

Berikut resep dan prosesnya ya.

 menyerupai biasa jadwal saya yakni mengunjungi Ibu ke Mampang Resep Risoles Isi Ragut

Risoles Isi Ragut
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 20 buah risoles

Tertarik dengan resep sejenis lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Vegetarian Samosa dengan Bumbu Kari

Pastel Pastry Bumbu Kari - Garing & Renyah!

Bahan isi:
- 2 buah kentang, berat 400 gram, potong kotak kecil
- 3 batang wortel, berat 300 gram, potong kotak kecil
- 2 sendok makan minyak
- 1 sendok makan saus tiram
- 1 buah bawang bombay, rajang halus
- 5 siung bawang putih, cincang halus
- 1/4 buah pala parut halus
- 1 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 1/2 sendok makan gula pasir

Bahan ragut:
- 3 sendok makan mentega
- 4 sendok makan tepung terigu protein sedang/serba guna
- 550 ml susu cair
- 50 gram keju cheddar parut

Bahan kulit risoles:
- 300 gram tepung terigu
- 30 gram tepung sagu (optional)
- 1 sendok teh garam
- 3 butir telur, kocok lepas
- 750 - 800 ml susu cair

Bahan pencelup, aduk jadi satu:
- 1 butir telur
- 3 sendok makan tepung terigu
- 150 - 200 ml air

Bahan lain:
- tepung panir atau breadcrumbs
- minyak untuk menggoreng risoles

Cara membuat:
Membuat isi


 menyerupai biasa jadwal saya yakni mengunjungi Ibu ke Mampang Resep Risoles Isi Ragut

Siapkan wajan, tuangkan 2 sendok makan minyak. Panaskan. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum dan matang. Masukkan saus tiram, aduk beberapa detik. Masukkan kentang, aduk dan tumis sampai setengah matang. Tambahkan wortel, merica, pala, gula dan garam. Aduk dan tumis sampai semua materi matang. Angkat dan sisihkan.

Membuat ragut:


 menyerupai biasa jadwal saya yakni mengunjungi Ibu ke Mampang Resep Risoles Isi Ragut

Siapkan panci, masukkan mentega dan panaskan sampai mendidih. Tambahkan tepung terigu bertahap sambil diaduk cepat dengan spatula balon sampai tercampur rata. Gunakan api kecil saja dan masak beberapa menit sambil diaduk biar tepung benar-benar matang. Tuangkan susu cair bertahap sambil diaduk berpengaruh sampai terbentuk adonan kental. Jangan menuangkan susu sekaligus banyak sebab adonan akan bergerindil. 

Masukkan keju parut, aduk dan masak sampai keju lumer. Masak ragut sampai muncul letupan tanda mendidih. Angkat, tuangkan ke tumisan sayuran. Aduk rata. Cicipi rasanya, sesuaikan gula dan garamnya. Ragut harus terasa sedikit manis.Sisihkan.

Membuat kulit risoles:


 menyerupai biasa jadwal saya yakni mengunjungi Ibu ke Mampang Resep Risoles Isi Ragut

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata. Tuangkan telur, aduk rata dengan spatula. Masukkan susu cair bertahap sambil diaduk berpengaruh biar tepung larut dan tidak bergerindil. Lebih mudahnya masukkan semua materi ke blender dan proses sampai smooth.

Siapkan pan anti lengket diameter 24 cm, olesi permukaannya dengan tisu yang dibasahi minyak goreng. Panaskan pan dengan api sedang. Jika sudah agak panas, tuangkan 1 sendok sayur adonan kulit, putarkan pan dengan cepat sehingga adonan mengalir dan menutupi permukaan pan dengan baik. Jika adonan terlalu pekat, susah mengalir menutupi permukaan pan, tambahkan susu cair sedikit. 

Masak sampai kulit risoles mengeras dan penggalan tepiannya tampak lepas dari pan. Lepaskan kulit dengan ujung jari, angkat dan letakkan di piring datar. Olesi permukaannya dengan sedikit minyak biar tidak lengket ketika kulit berikutnya ditumpukkan. Lakukan sampai semua adonan habis.

Membungkus risoles:

 menyerupai biasa jadwal saya yakni mengunjungi Ibu ke Mampang Resep Risoles Isi Ragut

Siapkan selembar kulit di piring datar, letakkan sekitar 1 1/2 sendok makan adonan isi. Lipat kulit risoles menyerupai amplop sehingga isi tertutup baik. Gulung sampai padat dan letakkan sisi lipatan dibawah. Lakukan sampai semua kulit dan isi habis.

Aduk jadi satu materi pencelup, adonan terbentuk sedikit kental. Celupkan risoles sampai permukaannya tertutup adonan. Ketuk-ketukkan untuk membuang kelebihan adonan. Gulingkan risoles ke breadcrumbs sambil ditekan-tekan sampai breadcrumbs menempel dan melumuri permukaan risoles dengan baik. Lakukan sampai semua risoles habis.


 menyerupai biasa jadwal saya yakni mengunjungi Ibu ke Mampang Resep Risoles Isi Ragut

Siapkan wajan, panaskan minyak agak banyak untuk menggoreng risoles. Panaskan dengan api sedang. Goreng risoles sampai permukaannya kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan. Sajikan risoles dengan cabe rawit, dan saus sambal.  Super yummy!