Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial - Diy Bb Cushion Untuk Kulit Berjerawat

Cara Membuat DIY BB Cushion

'Sup, guys!
Kali ini saya update bukan perihal review, tapi tutorial (yeeayy ). Jadi, disini saya mau kasih tau ke kalian gimana sih cara bikin BB cushion yang sesuai dengan warna kulit kita? Dan bahan-bahannya dapat banget pakai yang sudah kalian punya sebelumnya, lho! Penasaran ? Yuk, lanjut baca ke bawah ya, guys!

DIY BB Cushion

"Karena sebetulnya produk jenis ini masih belum banyak yang cocok dengan warna kulit yang lebih gelap dari orang Koreyah"

Kalian niscaya tau dong jikalau cushion ini pertama kali dipopulerkan oleh industri kosmetik dari Korea? Yep, mereka memang inovatif banget jikalau perihal urusan kecantikan. Tapi, alasannya ialah inilah jadinya shade untuk kulit hitam masih kurang banyak beredar di pasaran, alasannya ialah (kebanyakan) orang Korea masih banyak yang tidak suka jikalau kulit mereka terlihat gelap.

Ada sih, brand western dan beberapa brand kosmetik Korea (example: Laneige) yang punya shade untuk kulit orang Indonesia, tapi itu pun harganya dapat dibilang mahal (dan saya ga mampu beli 😅). Jadi, untuk mensiasati biar tetap dapat punya BB cushion yang sama dengan warna kulitku, saya bikin sendiri deh pakai foundation yang sudah biasa saya pakai dan kita tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang untuk membuatnya 😁.

Dan.. Semua materi yang saya pakai kondusif untuk oily to acne-prone skin which is nggak nyumbat pori-pori jadi tidak menjadikan jerawat gres 🙆.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat DIY BB Cushion

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Cushion Case:
- Tonymoly X Mighty Atom Luminous Goddess Aura Angel Glowring CC Cushion SPF50+ PA+++
Karena ini isinya sudah habis, saya akan pakai casenya aja yang ini alasannya ialah lucu haha.

Cushion Sponge: 
- Bioaqua Snow BB Cream Air Cushion
Karena saya gasuka sama dalemannya si Tonymoly diatas, jadi kuganti dengan sponge dari cushionnya Bioaqua ini.

BB Cream:
- Missha M Perfect Cover BB Cream SPF 42/PA+++ (23)
Aku pilih pakai BB cream ini alasannya ialah sudah ada SPF-nya (walaupun saya bakal pake sunscreen lagi sebelum makeup-an) dan coverage-nya bagus banget untuk sebuah BB cream, ringan juga dipakainya jadi cocok untuk sehari-hari.

Foundation:
- Purbasari Alas Bedak (Sawo Matang)
Aku akan tambahkan foundation ini alasannya ialah kulit tangan saya lagi lebih gelap warnanya dari muka gara-gara kena sinar matahari terus 😅.

Primer:
- Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser.
Aku tambahin primer ini biar risikonya lebih flawless, poreless, dan tahan lama.

Kalau kalian mau hasil yang dewy kalian dapat tambahkan dengan illuminator dan moisturizer. Kalian juga dapat tambahkan lagi sunscreen bila perlu.

Harga Bahan Untuk Membuat DIY BB Cushion

- Tonymoly X Mighty Atom Luminous Goddess Aura Angel Glowring CC Cushion SPF50+ PA+++
GRATIS! Aku dapet ini dari giveaway disini.

- Bioaqua Snow BB Cream Air Cushion
Aku waktu beli ini sekitar Rp 39.000,- an jikalau ga salah di Elevenia. Murah banget ga sih?! 😱

- Missha M Perfect Cover BB Cream SPF 42/PA+++ (23)
Ini saya beli pas lagi ada diskon di Shopee, waktu itu Missha gres buka di Shopee Mall dan kasih diskon yang absurd banget! Aku beli seharga Rp 49.500,- untuk yang ukuran 20ml.

- Purbasari Alas Bedak (Sawo Matang)
Aku juga beli di Shopee dengan harga Rp 9.405,-.

- Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser.
Aku beli ini di Guardian, waktu itu gres keluar disini jadi dikasih diskon. Harganya Rp 79.000,-.

Kalau di total, jumlah uang yang saya keluarkan untuk bikin BB cushion ini cuma sekitar Rp 176.905,- lho, guys! Lebih irit dibandingkan dengan membeli yang sudah jadi di pasaran, kan? 😁

Cara Membuat DIY BB Cushion

Sekarang, saatnya campurkan semua materi yang ada!


Step 1

Step 1: tuangkan BB cream/foundation kau ke container yang sudah tersedia. Jangan lupa di cuci + desinfeksi terlebih dahulu cushion case dan cushion sponge-nya ya!

Step 2

Step 2: tambahkan primer, moisturizer, illuminator, dan sunscreen ke dalam container. Sesuaikan dengan kebutuhan, hati-hati jikalau kebanyakan dapat luber 😅.

Step 3

Step 3: Aduk hingga merata.


Step 4

Step 4: Jika sudah mendapat warna dan consistency yang diinginkan, berarti saatnya kita masukkan cushion sponge ke dalam container-nya. Kamu dapat tekan-tekan sponge-nya biar produknya dapat terserap hingga ke permukaan.

Step 5

Step 3: Final step! Saatnya masukkan container-nya ke dalam case. Jangan lupa untuk masukkan juga cushion puff-nya, ya, hihi..

Kalau kalian masih galau gimana caranya saya bikin DIY BB Cushion ini, kalian dapat tonton video saya di bawah ini.



Bagaimana? Gampang banget kan bikin BB Cushion sendiri? Komen di bawah ini jikalau kau juga pernah atau gres mau coba menciptakan DIY BB Cushion kaya gini. Semoga tutorial ini membantu kalian.


Luvvv 💓