Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Semur Daging Favorit Cawapres Sandi

RESEP SEMUR DAGING FAVORIT CAWAPRES SANDI RESEP SEMUR DAGING FAVORIT CAWAPRES SANDI

RESEP SEMUR DAGING FAVORIT CAWAPRES SANDI.DIDAMPINGI istri keturunan Betawi, menciptakan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.Beliau kini mendapingi bapak Prabowo Subianto Sebagai cawapres 2019-2024. Cukup usang berkawan dengan kuliner khas Betawi. Masakan enak khas Betawi sering tersaji di keluarganya. Menu kuliner yang menjadi favorit Sandi, sapaan akrabnya bervariasi. Tapi dua dari sekian banyak hidangan yang disukai ialah semur dan kerak telor.

"Istri saya orang Betawi. Paling bahagia kalau hari raya itu niscaya ada sayur godog, semur daging yang warnanya hitam banget, sama kerak telor favorit juga," katanya Sandiaga.Cawapres nomor urut 02 ini mengaku istri tercinta tak begitu hebat dalam memasak. Tapi Sandi beruntung ada mertua yang jago meramu resep kuliner khas Betawi untuk keluarganya."Istri memang enggak sanggup masak. Tapi mertua saya yang masak," ucapnya.

Untuk menciptakan semur daging betawi tidaklah terlalu sulit

Bahan Untuk Semur Betawi

500 gr daging sapi has
3 sdm minyak sayur
2 cm kayu manis
3 butir cengkih
3 lembar daun salam
170 ml kecap manis
600 ml air
4 buah kentang, kupas, potong dadu, goreng setengah kering

Bumbu Halus Semur Betawi

6 butir kemiri
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1/4 butir pala
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam

Cara menciptakan Semur betawi kuah hitam

  1. Potong daging seukuran dadu 1,5 cm. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai busuk dan matang.
  3. kite Masukkan daging, aduk sampai merata dan berubah warna.
  4. Tuangkan aer, tambahkan kecap manis, kayu manis, cengkih dan daun salam.
  5. Masak dengan api sedang sampai bumbu meresap dan daging hampir lunak.
  6. Masukkan kentang, masak kembali sampai kuah kental dan daging empuk.
  7. Angkat dan sajikan hangat.

Di luar itu, Sandiaga Uno juga dikenal menyulai kuliner nasi remes. Pasangan suami istri Warsian dan Suci Asih. memperlihatkan kesaksiannya. Pasangan penjual nasi rames yang mangkal sempurna di depan rumah Sandiaga Uno di Jalan Pulobangkeng No. 5, Jakarta Selatan semenjak 2005 selalu diminta mengirimkan hidangan nasi Istimewa itu.

Suci Asih mengatakan, Nur Asia sebagai istri Sandiaga kerap berbelanja aneka lauk untuk disantap di rumahnya."Ya, ibu suka belanja di sini. Tapi seringnya sih beli lauknya saja. Mungkin alasannya ialah nasi banyak di rumahnya," ujar Suci.Nur Asia, istri Sandiaga kerap berbelanja aneka lauk dan kadang juga tidak kebagian alasannya ialah saking ramainya kawasan mangkal nasi rames milik Suci Asih dan Warsian tersebut.

Kebanyakan, kata dia, para karyawan dan pekerja kantor yang makan di tempatnya bekerja di kantor yang tak jauh dari lokasi rumah Sandiaga.Warsian punya pengalaman yang tak terlupakan bersama keluarga Sandiaga. Sandiaga dinilai sebagai sosok ramah terhadap siapapun."Beberapa tahun lalu, saya pernah dipanggil ke rumah sama pak Sandi. Saya dikasih uang sejuta. Saya kaget. Ini uang untuk Pak Warsian saja," katanya menirukan Sandi.

Sandiaga juga, kata dia, sebelum menjadi Wakil gubernur pernah menawarinya untuk membantu biaya anaknya yang hendak melanjutkan kuliah."Saya bahagia saja menerima usulan tersebut. Tapi saya tak ambil. Tapi kini anak saya suah beres kualiahnya. Hehehe," katanya.(okezone, bisnisindonesia)