Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Arduino - Pengertian Dan Fungsi Arduino

Arduino ketika ini sedang boming dikalangan para robotic dan kini sudah banyak sekali yang sudah mengenal kata arduino ini mulai dari kalangan Sekolah Menengah Pertama hingga remaja untuk menciptakan sebuah proyek automasi di industri atau pabrik.

Untuk kalangan para mahasiswa juga sudah ketika terkenal untuk mengerjakan scripsi maupun kiprah kuliah, jadi mari mencar ilmu bersama untuk mengerti apa itu arduino dan fungsinya. 

 ketika ini sedang boming dikalangan para  Belajar Arduino - Pengertian dan Fungsi Arduino

Sejarah Arduino 
Arduino ditemukan atau dikembangkan oleh Hernando Baragan pada tahun 2005 di negara italia lalu di kembangkan oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles lalu dinamakan Arduino dalam bahasa italia dan artinya yaitu Berani.

Tujuan dari pembuatan arduino ini yaitu untuk menciptakan sebuah alat yang murah dan terjangkau untuk kalangan mahasiswa yang belum bekerja, jadi berterima kasilah pada penemu dan pengembang arduino ini. 

Pengertian Arduino 
Arduino merupakan pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan berasal Wiring platform, dibentuk buat memudahkan penggunaan elektronik pada banyak sekali bidang. Hardwarenya mempunyai prosesor Atmel AVR serta softwarenya mempunyai bahasa pemrograman sendiri. Arduino UNO merupakan sebuah board mikrokontroler yang didasarkan  pada ATmega328

Berikut datasheet ATmega328
 ketika ini sedang boming dikalangan para  Belajar Arduino - Pengertian dan Fungsi Arduino

Fungsi Arduino
Untuk fungsi arduino sendiri sangat banyak tetapi akan aku ambil poin - poinya saja biar gampang dipahami dan dipelajari, untuk poin - poin fungsi arduino sebagai berikut : 


  • Sebagai mengontrol sebuah mesin
  • Untuk proses input dan output sebuah digital
  • Seperti Halnya PLC tetapi versi murah

Jika ada yang dipertanyakan eksklusif saja tinggalkan komentar dibawah ya gaes...
Semoga bermanfaat dan tetap terus mencar ilmu dan mengembangkan ilmu.