Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gethuk Goreng Sokaraja



Gethuk goreng khas Sokaraja...teman-teman udah pernah coba ?

Pasti udah ya, secara kan populer banget jadi salah satu buah tangan khas dari Sokaraja. Sokaraja itu populer dengan masakan Soto Sokaraja dan Gethuk Gorengnya ini.
Gethuk goreng Sokaraja ini berbeda dengan Gethuk Goreng biasa yang lembap ya teman-teman. Tapi lebih tahan usang dan baka di simpan beberapa hari, makanya dapat di jadikan oleh-oleh. Kenapa Gethuk Gorengnya dapat awet,  alasannya yaitu di goreng sampai agak kering, dan rasanya anggun sekali. Karena menggunakan gula dalam jumlah banyak, jadi gula ini juga berfungsi sebagai pengawet alami.

Warna Gethuk Goreng Sokaraja ini kecoklatan, tekturenya agak liat tapi luarnya renyah kriuk jikalau masih gres selesai di goreng, jikalau udah beberapa usang ya jadi alot-alot gimana gitu, yummy dech. Kalau tekture dan rasanya menyerupai sama masakan ringan anggun cucur jaman dulu...mungkin alasannya yaitu sama-sama muanis banget dan alot ya hihi. Kue cucur yang versi jaman dulu kan memang agak alot juga dan muanis banget, nah menyerupai kayak gitu dech.

Aku suka gethuk goreng Sokaraja, walau kalau kebanyakan ya jadi mblenger. Nah karenanya kini dapat bikin sendiri dech dengan dosis gula yang dapat di sesuaikan selera. Jadinya cemal cemil terus juga nggak akan bosan kalau nggak terlalu manis.

Tips nya :
Pilih singkong yang pulen, mempur, jinten, bab kulit dalam warna pink semoga tidak langu
Kukus sampai empuk
Pilih gula merah yang coklat renta dan orisinil gula merah / gula aren
Haluskan sampai campuran liat, kalau kurang luat nanti akan gampang hancur saat di goreng...bisa di tumbuk agak usang atau jikalau mau mudah pakai chopper.
Menggorengnya harus sabar ya agak lama, semoga dapat legit, kering luar, lembut bab dalam, api jangan terlalu besar semoga tidak gampang gosong.
Mencelup campuran ke larutan tepung lebih yummy pakai tangan, jadi campuran hanya terlapis tipis2 merata , jadi menyerupai tanpa campuran tepung.

Yuk cobain teman-teman, saya share resepnya ya...

500 gram singkong kukus ( timbang sehabis di kukus ), potong kecil2
150 gram gula merah ( pilih yang coklat renta )
1/2 sdk teh garam
1/2 sdk teh vanili

Campur semua bahan, proses di food processor sampai jadi campuran yang liat. Adonan harus liat ya, semoga tidak hancur saat di goreng. 

Selanjutnya goreng denga di celup campuran tepung cair sampai kering.
Adonan tepung :
65 gra tepung beras
20 gram sagu
100 ml air



Sumber http://www.diahdidi.com/