Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkenalkan, Belakang Layar Kehebatan Dan Manfaat Tomat Ungu

Apa warna dari tomat anda ?
Merah ?
Pasti. Sebab selama ini masyarakat kita memang “hanya” mengenal tomat yang berwarna merah ( ketika telah masak ).
Paling tomat yang berwarna hijau ( alasannya masih muda ) atau kuning ( kalau setengah renta ). Warna ungu pada sayuran buah, umumnya atau paling-paling dikenal pada terong ungu.

Tetapi mulai sekarang, perkenalkan, ini yaitu Tomat Ungu, sebuah “keluarga” sayuran buah terbaru.

Menarik “sih” kalau tomat ada yang berwarna ungu.

Tetapi apa pula kehebatan dan manfaat dari tomat ungu ?

Jadi, ini dia...

Tomat unik berwarna ungu

Tomat warna ungu memang ini sengaja dibentuk melalui sebuah rekayasa laboratorium semoga supaya mempunyai kandungan vitamin dan keunggulan yang mirip buah mirip beri biru (blueberry).

Tomat unik yang berwarna ungu ini sebelumnya dikembangkan di Inggris.
Dimana di fokuskan pada pembubuhan pigmen berwarna ungu, yang dikenal dengan nama anthocyanin.
Anthocyanin ini dipercaya merupakan salah satu jenis anti oksidan yang ketika diujicobakan pada binatang mempunyai kemampuan untuk membantu badan melawan sel kanker.

Dan, Tomat ungu ini risikonya makin bersahabat dengan pasar sesudah dikembangkan secara masif di Kanada, dimana 1.200 liter jus tomat ungu siap dikapalkan ke Inggris.
Menurut para peneliti, tomat ungu model gres ini nantinya akan bisa mendongkrak nilai gizi banyak sekali produk turunannya.
Mulai dari saus tomat hingga dengan irisan tomat yang biasa disajikan di atas pizza.
Lihat juga :

Tomat-tomat berwarna ungu ini dikembangkan di John Innes Centre di Norwich.
Dimana Profesor Cathie Martin berharap kiriman jus tomat edisi perdana dari Kanada nanti akan memberi kesempatan pada para peneliti wacana potensi manfaat perasan buah tersebut.
"Dengan tomat ungu ini Anda bisa mendapat kandungan yang kini ada dalam blueberry and cranberry yang manjur untuk kesehatan - tetapi yang bisa juga diimbuhkan dalam makanan yang dikonsumsi orang dalam jumlah besar dan dengan harga terjangkau," kata Martin.

Tomat ungu ini memang merupakan produk yang disiapkan melalui rekayasa genetika semoga tampak menarik bagi konsumen.

Dan untuk tipe pertamanya telah disiapkan untuk para petani sebagai sarana gres di ladang pertanian mereka.
Pigmen yang berwarna ungu merupakan hasil pemindahan dari sebuah gen yang diambil dari buah naga. Dimana modifikasinya kemudian mendorong terjadinya sebuah proses sehingga tanaman tomat membiarkan zat anthocyanin terbentuk.

Meski merupakan temuan ilmuwan Inggris, Profesor Martin mengatakan, alasannya adanya pembatasan yang berlaku di negara Uni Eropa ( UE ) bagi produk pangan hasil rekayasa genetika, maka ia berharap bisa mencari lokasi lainnya untuk menyebarkan temuan teknologinya.
Sebuah survey besar di Eropa tahun 2010 menunjukkan, bahwa penentang produk makanan hasil rekayasa genetika masih jauh melebihi pendukungnya hingga tiga berbanding satu.
Namun, Profesor Martin berharap semoga jus tomat ungu ini nantinya akan berpeluang mendapat persetujuan bisa dipasarkan pada konsumen di Amerika Utara, sekurangnya dalam waktu dua tahun.

Simak juga :