Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Ayam Tangkap Khas Aceh

 tak terasa sudah satu bulan saya tidak  Resep Ayam Tangkap Khas Aceh

Hua, tak terasa sudah satu bulan saya tidak update blog! Semangat menulis lagi drop dan kerjaan di kantor sedang banyak-banyaknya hanyalah alasan yang dicari-cari, faktor bersama-sama apalagi kalau bukan kemalasan. Nah hari ini berhubung sedang payment day, artinya hati lagi bahagia alasannya yaitu gajian tiba, walau bersama-sama uang honor hanyalah numpang lewat sejenak, alasannya yaitu begitu masuk eksklusif ditransfer ke aneka macam sumber untuk membayar aneka cicilan yang mulai 'ngap' dirasa. Swear, saya gres mencicil KPR rumah selama dua tahun dan rasanya mulai malas menyetor uang honor bulanan ke bank. Membayangkan harus 13 tahun lagi saya melaksanakan hal yang sama setiap bulan rasa-rasanya  ingin menjerit saja. 😅

Okeh lupakan curhat colongan diatas, kembali ke aktifitas memasak. Sebenarnya bukan saja aktifitas menulis yang mandek, aktifitas memasak juga berhenti beberapa ahad ini, gres hari Sabtu Minggu kemudian saya berkutat lagi didapur alasannya yaitu setoran project yang masuk deadline. Instagram JTT masih tetap aktif, posting tetap saya lakukan tapi bukan resep gres melainkan resep usang bertahun lampau di blog yang belum pernah di-upload di IG. Saya aktif di IG memang gres tahun 2015 sehingga banyak sekali resep-resep usang di blog yang belum ditampilkan. Agar IG tetap interaktif resep usang tersebut satu persatu saya munculkan. 

 tak terasa sudah satu bulan saya tidak  Resep Ayam Tangkap Khas Aceh

Nah posting gres yang satu ini yaitu resep yang sudah usang masuk dalam perihal hendak dieksekusi. Semua materi gampang diperoleh alasannya yaitu aneka rempah yang dibutuhkan di resep saya tanam dihalaman rumah, mulai dari daun kari (salam koja), daun jeruk purut, daun kunyit dan daun pandan. Belakangan ini saya sedang tergila-gila dengan ayam goreng simple tanpa aneka balutan tepung yang terasa asin dan gurih. Selama ini resep andalan kalau demam ayam goreng datang yaitu ayam goreng bawang putih, resep disini, dan ayam goreng rempah, resep disini, yang berkali-kali saya buat tak terhitung banyaknya. Kini saya menemukan satu lagi olahan ayam goreng khas lokal yang tak kalah nendang.

Ayam tangkap khas Aceh ini biasa disebut juga dengan nama ayam tsunami alasannya yaitu tampilannya yang tampak porak-poranda selaksa daratan yang gres saja diterjang tsunami dahsyat. Masakan ini bersama-sama berupa ayam goreng berbumbu yang dimasak bersama daun rempah menyerupai daun kari, daun pandan, daun jeruk dan daun kunyit. Keunikan hidangan ini yaitu dedauan rempah tersebut turut juga digoreng bersama ayam sehingga teksturnya berubah garing dan renyah. Ketika disajikan potongan ayam goreng ditata dipiring dan disiram gorengan dedaunan rempah tersebut. Ayam tangkap ternyata baru terkenal di kalangan masyarakat Aceh sekitar 6 sampai 8 tahun belakangan. Dinamakan ayam tangkap alasannya yaitu ayam yang dipilih merupakan ayam kampung yang dipelihara bebas dikebun dan pekarangan (free range) sehingga perlu ditangkap terlebih dahulu sebelum sanggup dimasak.

 tak terasa sudah satu bulan saya tidak  Resep Ayam Tangkap Khas Aceh
 tak terasa sudah satu bulan saya tidak  Resep Ayam Tangkap Khas Aceh

Ketika saya post resep ini di Instagram JTT, banyak yang kemudian berkomentar susahnya menemukan daun rempah diresep terutama daun kari. Membaca itu, betapa bersyukurnya saya, semua tanaman yang dibutuhkan tersebut dimiliki dihalaman, walaupun sering mengomel ketika harus menyiramnya setiap hari terutama di demam isu kemarau menyerupai ketika ini. Terus jelas daun kari goreng walau mempunyai tekstur crispy tetapi aroma uniknya tidak terdeteksi, berbeda dengan daun jeruk dan daun kunyit yang masih terasa strong. Kaprikornus kalau daun kari susah diperoleh, skip saja dari masakan, namun saran saya jangan hilangkan daun jeruk dan daun kunyit yang lebih mempunyai cita rasa sedap. 

Membuat ayam tangkap super mudah. Ada banyak aneka resep bertebaran di internet, saya mencoba berkreasi sendiri dengan racikan bumbu yang mungkin tidak otentik menyerupai warung ayam tangkap di Aceh tapi percayalah rasanya sungguh sedap. Masakan ini akan memperlihatkan cita rasa terbaik kalau memakai ayam kampung orisinil yang biasa dipelihara dipedesaan, tapi saya hanya pakai ayam negeri biasa alasannya yaitu murah meriah dan gampang didapatkan di pasar. Saya memakai ayam ukuran kecil, berat sekitar 800 gram, supaya tekstur dagingnya lebih empuk dan gampang meresap bumbu. Ayam harus dipotong ukuran kecil, terutama kalau memakai ayam kampung supaya cepat matamg dan empuk ketika diungkep bersama bumbu rempahnya. 

 tak terasa sudah satu bulan saya tidak  Resep Ayam Tangkap Khas Aceh
 tak terasa sudah satu bulan saya tidak  Resep Ayam Tangkap Khas Aceh

Nah ayam yang sudah diungkep bersama bumbu sampai matang ini kemudian digoreng dalam minyak yang banyak. Minyak yang banyak (deep fried) ini sangat penting supaya permukaan ayam menjadi garing dan tekstur daun berubah renyah. Dedauan rempah di dalam rebusan ayam juga digoreng sekalian bersama ayam, alasannya yaitu kondisinya yang berair berlumur bumbu maka memerlukan waktu lebih usang supaya berubah crispy. Ketika ayam telah terlihat mulai coklat keemasan, masukkan dedauan rempah segar dan lanjutkan menggoreng ayam dan daun sampai ayam matang dan daun garing. Tahapan ini sangat krusial, jadi selalu aduk gorengan, dan perhatikan kondisi ayam, ketika warnanya mulai kecoklatan segera tiriskan ayam, dan kalau daun belum renyah ketika dikunyah lanjutkan menggoreng daun sampai crispy.

Gampang banget kan? Selain itu rasanya mantap! Berikut resep dan prosesnya ya.

 tak terasa sudah satu bulan saya tidak  Resep Ayam Tangkap Khas Aceh

Ayam Tangkap Khas Aceh
Resep hasil modifikasi sendiri

Tertarik dengan resep ayam lainnya? Silahkan klik pada link dibawah ini:

Untuk 1 ekor ayam

Bahan A:
- 1 ekor ayam (potong menjadi 24 bagian), saya pakai ayam negeri,  ayam kampung lebih disarankan
- 3 lembar daun pandan, potong sepanjang 4 cm
- 3 tangkai daun salam koja utuh
- 3 keping asam sunti atau 1 sendok makan air asam jawa
- 3 lembar daun jeruk purut, robek kasar
- 2 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok makan gula jawa, sisir halus
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 300 ml air kelapa atau air biasa

Bumbu dihaluskan:
- 8 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 5 buah cabe rawit
- 1 batang serai, ambil bab putihnya saja
- 3 cm kunyit
- 2 cm jahe
- 2 sendok teh ketumbar sangrai

Bahan B:
- 3 lembar daun pandan, potong 2 cm
- 6 tangkai daun salam koja, ambil daunnya saja
- 8 lembar daun jeruk purut, buang tulang tengahnya
- 4 buah cabe hijau keriting, biarkan utuh, optional
- 3 buah cabe hijau keriting, iris serong tipis
- 3 lembar daun kunyit, iris selebar 3 cm
- bawang merah goreng untuk taburan, optional

Cara membuat:

 tak terasa sudah satu bulan saya tidak  Resep Ayam Tangkap Khas Aceh

Siapkan materi B didalam mangkuk. Siapkan ayam, remas-remas dengan 1 sendok makan garam dan  1 butir air jeruk nipis, diamkan 15 menit, basuh sampai bersih. 

Siapkan wajan, masukkan ayam, semua materi A dan bumbu halus. Aduk rata, rebus dengan api kecil sampai ayam matang dan air habis. Jika air berkurang dan ayam belum matang, masukkan sedikit air dan masak sampai matang. Cicipi rasanya, sesuaikan asinnya. Angkat, sisihkan.

Siapkan wajan anti lengket, beri minyak yang banyak. Ayam dan rempah harus digoreng deep fried agar benar-benar kering. Panaskan minyak, tiriskan ayam dari bumbunya dan masukkan ke minyak panas, tiriskan juga daun rempah didalam bumbu, ketukkan untuk membuang kelebihan bumbu dan masukkan di minyak panas. Goreng ayam sampai mulai tampak agak coklat keemasan.

 tak terasa sudah satu bulan saya tidak  Resep Ayam Tangkap Khas Aceh

Masukkan semua materi B kecuali bawang merah goreng. Lanjutkan menggoreng sampai ayam coklat, kering, matang dan daun rempah menjadi crispy. Jika ayam telah kecoklatan tapi daun rempah belum kering, tiriskan ayamnya saja, dan lanjutkan menggoreng daun rempah sampai garing dan renyah di kunyah. Tiriskan daun dari minyak dengan saringan kawat. 

 tak terasa sudah satu bulan saya tidak  Resep Ayam Tangkap Khas Aceh

Tata ayam di piring saji dan siram dengan daun rempah gorengnya, taburi bawang goreng. Sajikan panas. Super yummy!